Powered By Blogger

Sabtu, 17 Januari 2009

Bersedekah


Jika segala sesuatu yang berkaitan dengan amal perbuatan, hampir dipastikan ada sisi positif dan negatif, namun tidak demikian halnya dengan sedekah. sedekah merupakan amal perbuatan yang dilihat dari sudut pandang manapun, yang terlihat adalah sisi baik dan positif. Baik dari pihak yang mengeluarkan sedekah, maupun dari pihak orang-orang yang diberikan sedekah.


Dan perlu diketahui bahwa untuk menjadi seorang muslim yang dermawan, tidak harus menunggu datangnya harta berlimpah dan menyulap dirinya menjadi kaya raya terlebih dahulu. sebab orang yang hidupnya pas-passan pun, bisa mendadak menjadi seorang dermawan bila dirinya mau sedikit berbagi dengan saudaranya yang muslim.

Rasulullah saw bersabda:"Barangsiapa yang memberi makanan roti pada saudaranya (yang muslim) sehingga membikinnya kenyang, dan memberinya minuman air sehingga menyegarkannya, maka Allah menjauhkan kepada orang yang memberi dari siksaan api neraka dengan jarak tujuh parit, setiap parit sekitar tujuh ratus tahun perjalanan (HR. An-Nasa'i dan Al-Hakim).

Dengan demikian, untuk mengambil sisi baiknya dari keagungan dibalik sedekah, tidak usahlah seseorang menunggu harta menumpuk. sebab tidak ada himbauan untuk mengumpulkan harta terlebih dahulu, baru bersedekah. Agar lebih mantap lagi, tak ada salahnya kita berkaca pada orang-orang yang mempunyai keimanan dan ketaqwaan yang tangguh, sehingga tak ada setitikpun rasa sayang terhadap harta benda, yang membuat mereka terhalangi dari kebaikan sedekah.

4 komentar:

  1. mas ini menurut saya carater cerdas yang pernah dilakukan manusia untuk menjemput rejekinya......saya rutin sekarang sedekah 500rb /bulan eh hasilnya.yang tadinya itung uang recehan sekarang mulai gepokan...mudah mudakhan bulan depan bisa di naikin sedekahnya...ada jurus jitub mas "MERUBAH TAKDIR "...DI SEBELAH

    BalasHapus
  2. Anonim9:21 PM

    Betul mas bayu, tidak ada dalil manapun yang mengatakan bahwa bersedekah akan mengurangi harta kita. Justru sebaliknya bersedekah itu bisa menambah harta kita :).

    BalasHapus
  3. Anonim7:21 PM

    Tapi kenapa orang Indonesia kalo bersedekah pada sedikit ya? Padahal buat seneng2nya lebih banyak.. Apa cuma segitu mental sedekahnya..

    BalasHapus
  4. Bersedekahlah, karena tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah.

    BalasHapus