Powered By Blogger

Jumat, 02 Januari 2009

Tips Merubah Nasib


Di suatu perjalanan dari Sukabumi menuju Jakarta, 3 bulan yang lalu, sebelum bulan Romadhon

Saat tertidur di perjalanan, terbangunlah Ust. Yusuf (di bangunkan Alloh SWT) dengan rasa kepingin pipis. Tidak jauh di depan ada sebuah SPBU, diputuskanlah untuk buang air kecil di SPBU tersebut.


Setelah mobil di parker dan turun dari mobil, terlihat berlari tergopoh-gopoh seorang satpam SPBU menghampirinya.”Assalammualaikum pak ustad” salam si satpam. “waalaikumsalam”, ustad menjawab. “begini pak ustad saya ingin cerita alias ngobrol-ngobrol dengan pak ustad”, sambar si satpam. “oh ya pak nanti ya setelah saya buang air kecil, tunggu dulu aja disini sebentar”,kata ustad Yusuf sembari dia berjalan menuju toilet. Akan tetapi si satpam bukannya menunggu malahan dia mengikuti di belakang ustad, si Ustad pun mengulangi perkataannya,”pak tunggu aja sebentar ga lama ko”. Si satpampun nyengir sembari berkata,”saya mau solat asar dulu pak”. Ustad melihat jam tangannya yang menunjuk jam 16.55.”baru mau solat asar? Ya sudah cepet waktu asar bentar lagi habis”. “ya pak, waktu tugas saya baru selesai jadi baru sempet solat”,jawab si satpam.

Di dalam toilet setelah selesai buang air kecil ustad Yusuf merenenung, “tadi tertidur terus kebangun karena pingin pipis, pas ada SPBU, terus mampir, terus ketemu si satpam. Pasti Alloh SWT sudah menjodohkan saya dengan si satpam itu tadi. Ya sudah akan saya dengar dia mau cerita apa.”

Ustad Yusuf di ajak ngobrol di kantin SPBU
“Begini pak ustad saya udah bosen kerja di sini, saya ga betah”, kata si satpam
“lho ga betah? Udah berapa lama kerja di sini?”, Tanya Ustad
“udah 7 tahun pak”, jawab si satpam
“nah itu betah namanya,kerja udah 7 tahun”, kata ustad lagi
“bukan gitu pak, habis ga ada kerjaan lain pak”,
“terus kenapa bisa ga betah?”
“gajinya kecil pak ustad”
“emang berapa gaji?”
“gaji perbulan saya 1,7 jt”
“Alhamdulillah, segitu kurang pak?, bapak udah punya istri dan anak? pasti ada yang salah dengan anda?”, sambar Ustad Yusuf
Si satpampun nyengir kuda,”hehe,saya ambil motor pak dan saya punya istri dan seorang anak”
“ya benar tebakan saya, emang uang cicilannya berapa per bulan?”
“925.000 per bulan pak”. (pantes aja gaji kagak cukup,itu namanya besar pasak dari pada tiang)
“saya pingin hidup saya berubah pak ustad ga gini-gini aja”, lanjut si satpam.
“ada 2 syarat kalau anda pingin berubah. Yang pertama benerin dulu tuh solat anda, bagai mana mau berubah kalo solat aja telat. Solatlah tepat pada waktunya, begitu suara adzan terdengar maka berhentilah dari semua aktivitas, bergegas ambil wudhu dan kerjakaan sholat.”
Sholat asar kurang lebih jam 15.00, tapi anda mengerjakan pukul 17.00, berarti anda telat 2 jam. Sehari 5 waktu sholat, 2 x 5 = 10 jam, sebulan 10 x 30 = 300 jam (12,5 hari), setahun 12,5 x 12 = 150 hari (5 bln), masa kerja 7 x 5 = 35 bln (3 th). Itu baru di kali waktu kerja anda 7 thn di SPBU, kalo di kali umur anda sesudah masa baligh sampe sekarang? Udah habis waktu anda sia-siakan, percepatan waktu anda jelas kalah dengan teman-teman anda, sodara-sodara anda yang menunaikan ibadah solat tepat pada waktunya. Yang lain udah naik pesawat, anda masih naik sepeda aja. Yang lain udah hidup enak anda maasih gini-gini aja.”, papar ustad Yusuf
Sambil manthuk-manthuk si satpam bertanya lagi,”syarat yang ke 2 apa pak ustad?”.
“yang ke 2 berinfak dan bersodakohlah kamu, sisihkanlah dari penghasilan anda”.
Si satpampun nyamber,”OK pak saya mau benerin solat saya tapi untuk syarat yang ke 2 saya ga sanggup pak ustad, gimana mau infak dan sodakoh? Penghasilan saya aja pas-pasan bahkan kurang pak ustad”.
Sambil geleng-geleng pak ustad berkata,“semua makhluk yang ada di jagat raya ini sudah di atur rejekinya masing-masing oleh Alloh SWT, hewan-hewan dan tumbuhan tak terkecuali. Jangankan orang yang bekerja, pengangguran aja sudah di bagi rejekinya, apalagi yang bekerja, saya mau nanya, mana ada sekarang pengangguran yang tidak makan sehari-harinya?? Pasti makan, kalo ada yang tidak atau kurang makan, silahkan datang ke rumah saya untuk makan. Namanya syarat berari wajib, mau berubah nasibnya ga?, gini aja anda bilang ke atasan, bon dulu uang gaji bulan depan untuk infak dan sodakoh”. Si satpam terbengong-bengong, pertentangan batin sangatlah kuat antara iklas dan tidak, pecahlah itu perang baratayudha di dalam hatinya. Dan akhirnya sambil menghela nafas panjang si satpam berkata,”baiklah pak ustad 2 syarat tadi akan saya laksanakan dengan sebaik-baiknya, terimakasih pak ustad saya udah mengganggu waktu ustad.
“Alhamdulillah, tidak apa-apa, lakukanlah syarat tadi dengan semata-mata mengharap ridho Alloh SWT.”

Berpisahlah si satpam dengan Ustad Yusuf Mansyur.

Malam harinya si satpam gendu-gendu rasa dengan istrinya, apa-apa yang sudah di obrolin dengan Ustad Yusuf. Alhamdulillah sang istripun mendukung niatan dari suaminya dengan penuh hati.

Kemudian Pagi harinya si satpam menghadap kepada komandannya,
“ndan, saya mau ngebon uang gaji saya bulan depan, boleh ga ndan?”
“boleh aja tapi alasannya buat apa?” Tanya balik si komandan
Si satpam pun terdiam, iya iya buat apa? Masa alasan ngebon untuk infak dan sodakoh, kan ga lucu.
“heh di Tanya ko malah diam!!”, komandan menyentak
“ya ndan kemarin saya ketemu ustad yusuf mansyur, syarat untuk merubah nasib saya salah satunya bersodakoh, jadi saya ngebon mau buat sodakoh ndan”, jawabnya dengan lirih dan agak malu-malu.
“oh buat sodakoh, OK tapi nanti ya saya Tanya boz besar dulu, kan dia yang meng-ACC”.
Si komandan pun langsung bergegas menghadap boz untuk mengutarakan hajat si satpam anak buahnya.
“pagi boz, gini salah satu satpam anak buah saya, mau ngebon uang gajinya bulan depan mau di gunakan untuk sodakoh, di ACC ga boz?”
“mau buat sodakoh?” sambil mantuk-mantuk dan cengar-cengir si boz menyambar lagi,”ya boleh, akan saya kasih dia bon gaji bulan depan, saya pingin tau apakah dia bener-bener mau buat sodakoh, kalo bulan depannya dia bon lagi untuk bulan depannya lagi berarti dia gagal. Biar saya tunggu dia menghadap lagi ga bulan depan untuk ngebon.”

Singkat cerita si satpam udah mendapatkan uangnya dan telah menghabiskannya untuk berinfak dan sodakoh bagi sodar-sodara dan tetangganya yang kurang mampu.

Hari-hari pun berlalu, sampai tibalah di bulan yang baru. Alhamdulillah semua teman-temannya pada gajian, sendiri-sendiri ga gajian, karena bulan lalu udah di bon. Tapi hari demi hari berlalu, seorang teman satpamnya bertanya-tanya apakah si satpam itu tadi hidupnya serba kekurangan atau tidak, temannya pun melakukan survey, oh ternyata si satpam telah menjual motornya, pantes lempeng aja dia. Si bos pun terus bertanya-tanya sambil menunggu si satpam kenapa ga datang-datang lagi, lempeng amat tu bocah ya, merasa penasaran si bos pun memanggil si satpam untuk menghadapnya di kantin.

“gimana mau ngebon lagi ga untuk bulan depan, kan uang bulan ini udah ga ada?” tantang si bos.
“Alhamdulilah ga pak bos.”
Tiba-tiba temennya nyeletuk dari belakang,”dia abis jual motornya boz”.
“oh abis jual motor, pantes ka gak ngebon lagi.”
“ga bos saya jual motor ga buat saya dan keluarga makan bos, tetapi saya jual untuk menambahi sodakoh saya!”.elak si satpam
Tambah terbengong-bengong si bos dan penasaran,
“gini bos saya ceritain, selepas saya bersodakoh hari-hari terakhir di bulan lalu saya sempet terbesit di hati rasa was-was dan gundah. Mau makan apa saya dan keluarga saya bulan depan. Eh di awal bulan kemaren Alhamdulillah nama istri saya nyangkut di surat warisan keluarga di kampung, di situ tertera angka 17jt untuk istri saya”.
Si bos pun nyamber lagi.”lah kenapa kamu jual itu motor?”
“saya malu sama ustad yusuf, seandainya pada saat itu saya jual motor untuk sodakoh pasti Alloh SWT akan membalasnya dengan lebih besar lagi. Alhamdulillah sekarang saya dan istri punya warung sembako di rumah sebagai usaha sampingan, semoga dengan ini nasib saya sedikit-sedikit akan berubah menjadi baik dan lebih mulia di mata Alloh SWT ”.
“Amin,”

Semoga dari cerita nyata ini dapat memotifasi teman-teman, bapak-bapak dan ibu-ibu untuk mencontoh si satpam tadi. Ada 2 syarat jika anda sekalian ingin merubah nasib anda di muka bumi ini dan mulia di mata Alloh SWT:
1. Sholat tepat waktu
2. Berinfak dan bersodakohlah dalam keadaan lapang maupun sempit dengan iklas.

Kedua syarat tersebut dilakukan dengan semata-mata untuk mendapat ridho Alloh SWT.
(Narasumber: Ust. Yusuf Mansyur)

11 komentar:

  1. Anonim8:59 PM

    Sadah bagus menurut saya, hanya warna backroudnya putih menandakan suci.

    BalasHapus
  2. Anonim6:10 AM

    mas Bayu..,postingannya bagus,saya salut.Hanya saya ralat sedikit pada tulisan "Alloh",yang seharusnya 'Allah'.Terimakasih,maju terus.

    BalasHapus
  3. Anonim9:04 PM

    Ya mas Pardi trimakasih ralatannya... saya terbiasa dengan logat jawa jadi nulisnya Alloh, tapi yang benar apa ya?? karena saya takut disalah artikan sama orang nasrani yang penyebutannya sama(cara bacanya)...

    BalasHapus
  4. Anonim9:25 PM

    mas Bayu..,bisakah saya minta tolong sama njenengan,supaya dibikinin blog seperti ini,soalnya saya bisanya hanya tiga langkah arahan bloger com itu saja ,bikin kolom koment..,kolom pengunjung belum bisa,jadi tolong dong saya diajari gitu. Tolong ya, jawabannya lewat pos koment ini saja..,atau lewat E-mail Jolangsupardi@yahoo.co.id,mau khan?

    BalasHapus
  5. Anonim7:40 PM

    Ceritanya sangat menyejukkan hati mas bayu..
    semoga bisa membuat lagi cerita" seperti ini, karena untuk penyampaian informasinya jadi lebih bermakna dengan menceritakan contoh kasus.
    Semoga sukses ya mas bayu.

    Saya tunggu kunjungan mas bayu diblog saya,

    Wassaalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  6. Anonim2:05 PM

    posting yang sangat bagus....

    1. Menyampaikan pesan tanpa menggurui....
    2. sebaik-nya memang demikian ada-nya. salah satu cara untuk memperlancar rezki adalah bersadaqah....manfaat lain bersadaqah adalah menyembuhkan penyakit.....

    bagi para netter yang suka browsing mengunakan laptop. Apalagi suka memangku laptop kalau lesehan. Hati2 bisa mengakibatkan mandul.

    untuk melihat bahaya-nya spt apa . lihat di web kami :

    www. bantallaptop.blogspot.com

    wass

    BalasHapus
  7. Anonim3:26 PM

    ass.wr.wb,
    kenalkan saya djoko ali, senang bisa membaca renungan anda. sudah saya buktikan dan memang benar.
    mohon bantuan bagaimana posting untuk seserti : solution dan daftar tamu.
    trims ya, wass.wr.wb
    http://www.dtasanggaukapuas.blogspot.com

    BalasHapus
  8. assalamu'alaikum
    kepada ustadz yusuf mansyur
    saya mau bertanya...ukuran presentase sodakoh itu berapa..persentasenya
    misal: apakah utk kebutuhan orang tua sampe kebutuhannya terpenuhi baru memberi orang lain..orang lain, misal saudara,orang tidak mampu,anak yatim....
    saya agak rancu..kr ada orang tua mengatakan org tua bilang..buat apa memberi orang bila keadaan orang tua masih kekurangan....yang bener seperti apa...tlg jawaban dikirim ke email saya..

    trima kasih
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  9. email saya di wiwindianawati@yahoo.com

    BalasHapus
  10. Assalamu'alakum wr.wb.

    Selamat malem mba wiwindianawati. trimakasih sebelumnya anda sudah sudi berkunjung di blog saya www.ekobayu.blogspot.com.

    Crita yang saya uploud di blog saya itu saya dapat dari ust.Yusuf Masyur, ketika beliau berdaqwah pada acara tabliq akbar di Masjid At-Tin kota Jakarta.

    1. Dalam bersodaqoh menurut sepengetahuan saya, tidak ada ukuran pastinya. Mau banyak atau sedikit seseorang bersodaqoh tergantung dari niat dan keiklasannya. hal tersebut yang menentukan diterima atau tidaknya amalan sodaqoh seseorang tersebut di mata Alloh SWT. Namun ada satu catatan bahwa apa yang kita sodaqohkan adalah sesuatu yang di mata kita bagus dan berharga. Dengan kata lain, jika kita dalam posisi orang yang membutuhkan, kita bener-bener senang jika diberi barang atau harta benda itu. (taukan maksud saya?).

    2. Hadis Nabi Muhammad SAW. meriwayatkan bahwa, bantulah orang tuamu dan saudaramu terlebih dahulu baru setelah itu orang lain. Maksudnya adalah jika anda ingin bersodaqoh maka tidak usah jauh-jauh, lihatlah dahulu orang tua anda dalam keadaan kesulitan atau tidak. Jika iya dahulukanlah. Jika tidak lihat saudara-saudara dekat anda, adik, kakak dll. apakah mereka ada yang dalam keadaan kesulitan ? jika iya dahulukan membantu mereka. jika tidak, lihat tetangga kanan-kiri kita, ada yang dalam keadaan kesusahan atau tidak? jika iya bantu mereka. dan seterusnya.

    3. Membantu orang tua wajib hukumnya. Apalagi orang tua kita dalam kesusahan. Sesuai poin saya no.2, dahulukan dahulu orang tua, jika anda masih ada lebih atau cukup maka bantulah saudara-saudara anda lainnya. dahulukan yang paling membutuhkan bantuan anda. InsyaAlloh jika kita menolong dengan iklas, Alloh SWT. pasti akan memberikan yang lebih kepada kita, sehingga kita bisa terus menolong orang-orang yang dalam kesusahan hidup.

    TERIMA KASIH... semoga bermanfaat untuk kita semuanya.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus